Rumus Keliling Lingkaran Dan Cara Menghitungnya

Halo kawan-kawan KeMaPel :D. Sebelum membahas tentang rumus keliling lingkaran, sebaiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan apa itu lingkaran. Lingkaran merupakan sebuah bangun datar, yang terdiri dari titik pusat dan garis yang mengelilingi titik pusat tersebut. Jarak antara titik pusat dengan garis yang mengelilinginya memiliki jarak yang sama. Dan jarak antara titik pusat dengan garis yang mengelilingi tersebut disebut dengan jari-jari (ruji-ruji). Sedangkan garis yang membentang melewati jari-jari, dan membagi lingkaran menjadi 2 disebut diameter. Karena diameter ini membagi lingkaran menjadi 2 dan melewati jari-jari maka ukuran diameter ini 2 kali dari jari-jari. Dalam rumus matematika jari-jari ditulis dengan simbol r (singkatan dari ruji-ruji). Sedangkan untuk diameter ditulis dengan huruf d, yang tentunya singkatan dari diameter.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran

Sekarang kita akan ke pokok materi ini, yaitu rumus keliling lingkaran. Tujuan dari rumus keliling lingkaran yaitu untuk menghitung panjang garis yang mengelilingi titik pusat lingkaran. Untuk menghitungnya kamu bisa menggunakan nilai jari-jari atau diameter. Untuk rumus menghitung keliling lingkaran menggunakan jari-jari sebagai berikut :

Keliling Lingkaran = 2 x π x r

Dan untuk rumus keliling lingkaran menggunakan diameter yaitu :

Keliling Lingkaran = π x d

Keterangan :
r : Nilai jari-jari
d : Nilai diameter
π dibaca phi
π : 22/7 jika nilai jari-jari atau diameter kelipatan dari angka 7, atau jika nilai jari-jari atau diameter tidak memiliki koma jika dibagi 7.
π : 3,14 jika nilai jari-jari atau diameter bukan kelipakan dari angka 7, atau jika nilai jari-jari atau diameter memiliki koma jika dibagi 7.

Misalnya jika jari-jari lingkaran adalah 14 maka nilai π menggunakan 22/7, karena nilai 14 merupakan kelipatan dari angka 7, yaitu 7 x 2 = 14. Namun apabila jari-jari lingkaran 13 maka nilai π menggunakan 3,14, karena nilai 13 bukan kelipatan dari angka 7.

Cara Menghitung Keliling Lingkaran

Sekarang kita akan belajar menghitung keliling lingkaran. Misalnya terdapat soal seperti berikut :

Contoh Soal 1

Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 14, hitunglah keliling lingkaran tersebut?

Jawab :
Rumus : Keliling = 2 x π x r
Keliling = 2 x 22/7 x 14
Keliling = 88

Contoh Soal 2

Sebuah lingkaran dengan diameter 13, berapakah nilai keliling lingkaran tersebut?

Jawab :
Rumus : Keliling = π x d
Keliling = 3,14 x 13
Keliling = 40,82

Contoh Soal 3

Sebuah lingkaran dengan diameter 21 cm, berapakah keliling lingkaran tersebut?

Jawab :
Rumus : Keliling = π x d
Keliling = 22/7 x 21
Keliling = 66 cm

Contoh Soal 4

Sebuah lapangan yang berbentuk lingkaran memiliki jari-jari 30 meter. Kemudian ada seorang pelari mengelilingi lapangan tersebut sebanyak 10 kali putaran, lalu berapakah jarak yang sudah ditempuh pelari tersebut?

Jawab :
Rumus : Jarak Tempuh = (2 x π x r) x 10 (dikali 10 karena pelari mengelilingi 10 kali)
Jarak Tempuh = (2 x 3,14 x 30) x 10
Jarak Tempuh = 188,4 x 10
Jarak Tempuh = 1884 meter

Demikian untuk penjelasan rumus keliling lingkaran, yang disertai dengan cara menghitungnya. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar materi ini, silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *